Breaking News
Loading...

Otentitikasi tumbuhan

11:04

Menurut WHO, tahap awal dalam menjamin kualitas, keamanan dan efikasi dari obat herbal adalah kebenaran dalam mengidentifikasi tumbuhan. Oleh karenanya, otentikasi (penentuan keaslian) tumbuhan obat menjadi mutlak untuk dilakukan. Untuk mendapatkan efek (farmakologi) yang diinginkan, kita harus menggunakan tumbuhan yang benar, cara pembuatan yang benar dan regimentasi dosis yang benar pula. Bagaimana mungkin tujuan terapi dapat tercapai jika kita menggunakan tumbuhan yang salah?

Penentuan otentikasi sering dikaitkan dengan determinasi tumbuhan, yang merupakan bidang keahlian botanis atau taksonomis tumbuhan. Determinasi berdasarkan pada penampakan makroskopis (morfologi) dan mikroskopis (anatomi) tumbuhan yang dimaksud. Dengan perkembangan sains, determinasi tidak lagi mampu memberikan hasil yang otentik. Saat ini, determinasi harus dilengkapi dengan analisis metabolit (metabolomik), protein (proteomik) hingga DNA (genomik) untuk otentikasi tumbuhan. Nah, anda dapat mereview kembali kuliah kemarin dengan mengunduh di tautan berikut:

Otentikasi Tumbuhan


Saya sarankan anda untuk mengecek semua artikel asli yang saya kutip pada kuliah tersebut. Anda bisa memasukkan kata kunci pengarang, tahun, dan topik atau subyek penelitian yang dibahas. OK, semoga sukses di ujian.
 
Toggle Footer